Sabtu, 14 November 2009

foto-foto kita : artikel 2

Jumat, 03 Juli 2009

kompasiana 32 : Otonomi Daerah Perlu Di Evaluasi

Otonomi Daerah Perlu di Evaluasi
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 29 September 2009 - Dibaca 1 Kali -

Seiring dengan bergulirnya reformasi tahun 1998, kini daerah di seluruh Indonesia dari sabang sampai Meurake telah mencapai 524 daerah otonom yang ada sejak keluarnya UU NO.22 tahun 1999 serta direvisi menjadi UU NO.32 Tahun 2004.

Dalam 10 tahun terakhir ini pemekaran dan pembentukan daerah otonomi baru terus terjadi, total ada 33 provinsi, 398 kabupaten dan 93 kota. Menurut Prof.Dr.Muladi,SH; Gubernur Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional), hanya 20 % daerah yang berhasil dalam otonomi daerah, jadi perlu evaluasi secara menyeluruh; demikian kata Muladi dalam Seminar “Urgensi Pemekaran Daerah Untuk Meningkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat” di gedung Lemhanas, Jakarta, selasa (29/09/2009).

Perlunya meratorium pemekaran daerah jadi harus di lakukan evaluasi dan menyusun grand design dan grand srategy tentang jumlah ideal daerah otonomi di Indonesia, baik daerah provinsi maupun kabupaten dan kota atas dasar parameter yang terukur.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Otonomi Daerah Perlu di ...

Otonomi Daerah Perlu di Evaluasi; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 29 September 2009 - Dibaca 50 Kali -. Seiring dengan bergulirnya reformasi tahun 1998, ...
public.kompasiana.com/2009/09/29/otonomi-daerah-perlu-di-evaluasi/


kompasiana 31 : Awas Ranjau Paku

Awas Ranjau Paku
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 17 September 2009 - Dibaca 1 Kali -

Hari Lebaran 1 syawal 1430 H sebentar lagi, banyak orang yang ingin mudik, baik sendiri maupun bersama keluarga.

Mudik sekarang yang harus tetap fokus di perhatikan bagi pengendara sepeda motor maupun kendaraan bermobil pribadi,bus serta angkutan darat lainnya.

Dari tahun ke tahun angka kecelakaan tranfortasi terus meningkat, di harapkan para pengemudi tetap waspada, khususnya terhadap ranjau-ranjau paku yang tersebar di jalanan.

Bandit-bandit jalanan siap beraksi, bila terkena ranjau paku, berhentilah di tempat aman, jangan di tempat sepi yang rawan perampokan.
SELAMAT MUDIK, SEMOGA ANDA SELAMAT DI TEMPAT TUJUAN.

Tags: , , , , , , , , ,



kompasiana 30 : Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1430 H

Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 17 September 2009 - Dibaca 113 Kali -

Setelah sebulan penuh kita melaksanakan puasa di bulan Ramadhan ini, kini saatnya kita merayakan hari kemenangan di bulan dan hari suci dengan penuh suka cita di saat saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi.

Perpolitikan di Negara Republik Indonesia ini, dari Presiden hingga rakyat jelata merayakan lebaran dengan cara mereka masing-masing.
kepada semua handai tolan, rekan-rekan, saudara-saudara, sahabat dan teman-teman, dengan setulus hati saya mengucapkan:

SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1430 H
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN
SEMOGA AMAL IBADAH KITA DI TERIMA OLEH ALLAH SWT…AMIN

Selamat lebaran ya, yang mudik hati-hati di jalan, UTAMAKAN KESELAMATAN, SAFETY FIRST, bila lelah istirahat dahulu.

Semoga setelah lebaran ini, kondisi politik di Indonesia lebih baik lagi.

Tags: , , , , ,

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Selamat Idul Fitri 1 Syawal ...

Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1430 H; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 17 September 2009 - Dibaca 45 Kali -. Setelah sebulan penuh kita melaksanakan puasa di ...
public.kompasiana.com/.../selamat-idul-fitri-1-syawal-1430-h/ - 43 menit yang lalu

kompasiana 29 : Bantulah Korban Bencana Alam Gempa Bumi

Gempa bumi telah terjadi dan banyak korban yang berjatuhan, sudi kiranya anda mengulurkan tangan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana dengan bantuan dan dapat di salurkan ke alamat berikut serta rekening beberapa bank di bawah ini:

AKSI CEPAT TANGGAP

Perkantoran Ciputat Indah Permai
Jl. Ir. H. Juanda No. 50
Blok B-8 Ciputat 15419
Telp. +62 21 741 4482
Fax. +62 21 742 0664
Email : info@aksicepattanggap.com

DONASI ANDA BAGI KORBAN BENCANA KEMANUSIAAN GEMPA:

Kemanusiaan :

Bank Central Asia
Acc. No. 676 030 3133
(Swift Code: Cenaidja)

Bank Syariah Mandiri
Acc. No. 004 011 9999

Bank Mandiri
Acc. No. 128 000 4555 808

Bank Muamalat Indonesia
Acc. No. 304 0022 915

Bank Negara Indonesia Syariah
Acc. No. 009 611 0239

Zakat :

Bank Syariah Mandiri
Acc. No. 101 000 9990

Bank Mandiri
Acc. No. 128 000 4793 136

Infaq/Sedekah :

Bank Central Asia
Acc. No. 676 030 0860

Bank Permata Syariah
Acc. No. 0971 001224

Terima kasih Banyak


TIPS MENGHADAPI GEMPA BUMI

Jika gempa bumi menguncang secara tiba-tiba, berikut ini 10 petunjuk yang dapat dijadikan pegangan di manapun Anda berada.

Di dalam rumah
Getaran akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. Masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. Jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala anda dengan bantal.

Jika anda sedang menyalakan kompor, maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Di sekolah
Berlindunglah di bawah kolong meja, lindungi kepala dengan tas atau buku, jangan panik, jika gempa mereda keluarlah berurutan mulai dari jarak yang terjauh ke pintu, carilah tempat lapang, jangan berdiri dekat gedung, tiang dan pohon.

Di luar rumah
Lindungi kepada anda dan hindari benda-benda berbahaya. Di daerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan, tas atau apapun yang anda bawa.

Di gedung, mall, bioskop, dan lantai dasar mall
Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari petugas atau satpam.

Di dalam lift
Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa bumi atau kebakaran. Jika anda merasakan getaran gempa bumi saat berada di dalam lift, maka tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan mengungsilah. Jika anda terjebak dalam lift, hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.

Di kereta api
Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.

Di dalam mobil
Saat terjadi gempa bumi besar, anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil anda di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil. Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci.

Di gunung/pantai
Ada kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Di pesisir pantai, bahayanya datang dari tsunami. Jika anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak, cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi.

Beri pertolongan
Sudah dapat diramalkan bahwa banyak orang akan cedera saat terjadi gempa bumi besar. Karena petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian, maka bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang yang berada di sekitar anda.

Dengarkan informasi
Saat gempa bumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. Anda dapat memperoleh informasi yag benar dari pihak yang berwenang atau polisi. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas.

SEKILAS TENTANG GEMPA BUMI

Gempa bumi merupakan peristiwa pelepasan energi yang menyebabkan dislokasi (pergeseran) pada bagian dalam bumi secara tiba-tiba.

Penyebab Terjadinya Gempa Bumi
1. Proses tektonik akibat pergerakan kulit/lempeng bumi
2. Aktivitas sesar di permukaan bumi
3. Pergerakan geomorfologi secara lokal, contohnya terjadi runtuhan tanah
4. Aktivitas gunung api
5. Ledakan nuklir

Mekanisme perusakan terjadi karena energi getaran gempa dirambatkan ke seluruh bagian bumi. Di permukaan bumi, getaran tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan runtuhnya bangunan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa.

Getaran gempa juga dapat memicu terjadinya tanah longsor, runtuhan batuan, dan kerusakan tanah lainnya yang merusak permukiman penduduk. Gempa bumi juga menyebabkan bencana ikutan berupa kebakaran, kecelakaan industri dan transportasi serta banjir akibat runtuhnya bendungan maupun tanggul penahan lainnya.

Gejala dan Peringatan Dini
* Kejadian mendadak/secara tiba-tiba
* Belum ada metode pendugaan secara akurat


kompasiana 28: Misteri Gempa dan Tsunami 02-09-2009

Gempa Bumi yang menguncang Ibu Kota Negara Republik Indonesia Jakarta dan provinsi Jawa Barat dan sekitarnya pada hari Rabu siang jam 14 :55:00 WIB dengan kekuatan gempa sebesar 7,3 SR (Skala Richter) , cukup membuat panik warga yang berkantor di gedung-gedung bertingkat tinggi.

Gempa bumi yang berpusat di 142 KM barat daya kota Tasikmalaya pada kedalaman laut 30 KM dengan episentrum 8,24 LS (Lintang Selatan) dan 107,32 BT (Bujur Timur).
Gempa bumi/lindu yang jatuh pada hari rabu 02-09-2009 juga bertepatan dengan tanggal 12 ramadhan 1430 H.

Dari Jakarta di laporkan Muhammad Abdul Wahid (50 Tahun) pimpinan PT Onasisi yang berkedudukan di gedung Patra Jasa, Kuningan, Jakarta Selatan, meninggal dunia saat di larikan ke RS.Medistra karena kelelahan turun dari gedung bertingkat dan meninggal dunia akibat serangan jantung.

Banyak juga yang terinjak-injak saat turun dari tangga darurat karena panik dan shock, yang sebagian besar korbannya adalah para wanita. Begitu juga dengan para Menterinya Presiden SBY, Gubernur dan para pejabat lainnya di buat lari terbirit-birit ketakutan akibat gempa bumi ini. Selanjutnya perlu simulasi penanganan gempa dan bencana dari pemilik gedung-gedung bertingkat untuk mengurangi dampak kecelakaan sekecil mungkin, UTAMAKAN KESELAMATAN, SAFETY FIRST.

Data senin 07-09-2009 di sebutkan korban tewas mencapai 74 orang, perincian 29 orang di kab.Cianjur, 9 orang di kab. Garut, 2 orang di kab. Sukabumi, 4 orang di kab. Tasikmalaya, 5 orang di kota Tasikmalaya, 16 orang di kab. Bandung, 1 orang di kab. Bandung Barat, 2 orang di kab. Bogor dan 6 orang di kabupaten Ciamis.

Korban luka-luka ada 926 orang, jumlah korban yang mengungsi mencapai 88.636 orang dengan pengungsi tertinggi berada di kab.Tasikmalaya sebesar 38.779 orang, 55.444 unit rumah rusak berat, 119.991 unit rusak ringan, sekolah 2.930 unit, kantor 438 unit. Bantuan terus mengalir kepada para korban bencana, bantuan Presiden SBY sebesar 5 Miliar.

kebutuhan para pengungsi saat ini adalah tenda keluarga sebesar 1.500 unit, alat-alat rumah tangga 3.000 paket, pakaian dalam, pembalut wanita, selimut bayi, selimut dewasa, sarung, makanan siap saji, tenda regu, obat-obatan, makanan, susu balita, alat mandi, alat rumah tangga, alat sekolah, pakaian anak dan dewasa serta peralatan shalat.

Dengan menggunakan teknologi matematika sederhana, pemecahan misteri dan rahasia gempa bumi dan tsunami 02-09-2009 adalah sebagai berikut: Tanggal 02-09-2009 kalau di balik menjadi 2009-2009; 2009 adalah tahun sekarang. Bulan 09 adalah bulan kesembilan yaitu bulan Ramadhan dalam kalender Islam. Sedangkan 02 adalah jam terjadinya gempa bumi yaitu jam dua (2) siang (14:55:00 WIB).

Dari jam kejadian 14:55:00 WIB, angka 14 adalah jam 2 siang, 55 adalah (5+5 = 10), bila di total (2+10 = 12), angka 12 yaitu tepat dengan tanggal 12 ramadhan saat terjadi gempa bumi. 12 Ramadhan jatuh pada 10 kedua (2) pada fase bulan Ramadhan yaitu fase ampunan (2+10).

Tanggal 12 Ramadhan 1430 H, makna 1430 H adalah: angka 14 jam kejadian gempa bumi, 30 H = 30 KM kedalaman gempa, Ramadhan adalah 8 huruf, H adalah 1 huruf, jadi total (8+1) = 9. Bulan kejadian 09 adalah bulan September, (September = ada 9 huruf).

kalkulasi episentrum gempa bumi 8,24 LS dan 107,32 BT adalah 8,24 (8+2+4 = 14); 107,32 (1+7+3+2 = 13); jumlah total (14+13= 27 = 2+7 = 9). Dari pusat gempa bumi142 KM dan jam kejadian gempa jam 2 siang di dapat (1+4+2+2 = 9). Dari angka kedalaman gempa 30 KM, 50 tahun umur orang korban tewas di Jakarta karena serangan jantung serta kekuatan gempa 7,3 SR di dapat (3+5+7+3 = 18 = 1+8 = 9).

Nama korban karena serangan jantung Muhammad Abdul Wahid (8+5+5=18 = 1+8 = 9), tempat beliau kerja PT.Onasisi (2+7= 9), nama gedung nya Patra Jasa (5+4 = 9).

Gempa bumi ini sempat mengakibatkan gelombang laut Tsunami setinggi 1 meter di pantai selatan di Pameungpeuk, Garut-Jawa Barat. Gempa bumi pada kedalaman laut 30 KM ini tergolong gempa dalam, jadi air laut hanya pasang/naik 1 meter saja, bila gempanya dangkal dengan potensi terjadinya gempa bumi di atas 6 SR (Skala Richter) bisa menyebabkan Tsunami dashyat.

Kota Jakarta seharusnya sudah rata dengan tanah akibat gempa bumi sebesar 7,3 SR; karena gedung-gedung di Jakarta di rancang dengan kekuatan Nilai Ambang Batas (NAB) sebesar 7 SR.

Peristiwa penting lainnya selama bulan Ramadhan di Indonesia adalah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada hari jumat tanggal 17-08-1945 bertepatan dengan sekitar tanggal 6 Ramadhan. Nanti tahun 2010, 2011 dan 2012 kita akan merayakan Proklamasi di bulan Ramadhan.


Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Misteri Gempa dan Tsunami ...

Gempa Bumi yang menguncang Ibu Kota Negara Republik Indonesia Jakarta dan provinsi Jawa Barat dan sekitarnya pada hari Rabu siang jam 14 :55:00 WIB dengan ...
public.kompasiana.com/.../misteri-gempa-dan-tsunami-02-09-2009/ - 21 jam yang lalu

Misteri Gempa dan Tsunami 02-09-2009

12 September 2009

Gempa Bumi yang menguncang Ibu Kota Negara Republik Indonesia Jakarta dan provinsi Jawa Barat dan sekitarnya pada hari Rabu siang jam 14 :55:00 WIB dengan kekuatan gempa sebesar 7,3 SR (Skala Richter) , cukup membuat panik warga yang berkantor di gedung-gedung bertingkat tinggi.

Gempa bumi yang berpusat di 142 KM barat daya kota Tasikmalaya pada kedalaman laut 30 KM dengan episentrum 8,24 LS (Lintang Selatan) dan 107,32 BT (Bujur Timur). Gempa bumi/lindu yang jatuh pada hari rabu 02-09-2009 juga bertepatan dengan tanggal 12 ramadhan 1430 H. (more…)



kompasiana 27 : Manajemen Olahraga di Indonesia Perlu di Perhatikan

Manajemen Olahraga di Indonesia Perlu di Perhatikan
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 9 September 2009 - Dibaca 3 Kali -

Dewasa ini industri olahraga tidak hanya tentang produksi material kebutuhan olahraga saja. Prestasi dan kebutuhan dana untuk memutar kompetisi membuka peluang bagi perusahaan untuk menjadikan olahraga maupun atlet/tim sebagai kendaraan strategi marketing perusahaan. Diawali pemberian dana sponsorship dengan kompensasi hanya berupa promosi (pemasangan banner, logo di baju, nama tim, dll) kerjasama ini berkembang menjadi multimarketing dan bagian dari public relation perusahaan bahkan sebuah negara.

Kemakmuran sebuah negara juga berpengaruh terhadap kebijakan dalam olahraga sebab berkaitan erat dengan tanggung jawab pemerintah dalam mengalokasikan dana untuk pembangunan olahraga.

Untuk menumbuhkan industri olahraga yang berkelanjutan, perlu faktor pemicu (dividen factor) yang bisa di awali oleh pencapaian prestasi spektakuler atau habit berolahraga masyarakat yang di fasilitasi oleh kebijakan pemerintah yang progresif.

Dalam membangun strategi pengelolaan pendanaan yang terintegrasi, ada 5 pihak yang mempunyai kepentingan yaitu : pemerintah pusat dan pemerintah daerah, para wartawan (media massa), swasta/perusahaan, masyarakat dan atlet.

Dasar pengembangan industri olahraga nasional sesuai dengan UUD 1945, UU RI NO 3/2005 tentang sistem keolahragaan nasional serta UU RI NO 17/2008 tentang rencana pembangunan jangka panjang.

Keterbatasan dana pemerintah menuntut cabang-cabang olahraga lain yang belum menjadi prioritas pendanaan pemerintah perlu menggalang dana kolektif dari masyarakat dan swasta. Dengan jumlah partisipan olahraga di Indonesia sebesar 140 juta orang dan target dana yang di galang di masyarakat sebesar RP 20.000 saja perkapita/pertahun, maka potensi total akumulasi dana yang di peroleh adalah sebesar RP 280 milyar.

Para stakeholder olahraga Indonesia harus segera menyatukan suara dalam membangun olahraga di Indonesia. Salah satunya adalah menetapkan National Sport Policy yang akan menjadi acuan bersama, tanpa melihat siapapun yang menjadi penguasaannya, serta menciptakan situasi konduksif untuk efisiensi dan efektivitas penerapan kebijakan olahraga itu sendiri.

Olahraga di Indonesia berpeluang dalam industri olahraga, mengingat karakteristik masyarakat Indonesia yang masih memfavoritkan televisi sebagai media informasi dan hiburan, kunci itu ada di tangan televisi.
Jangan pula kita abaikan peran para wartawan yaitu media cetak dan media elektronik lainya seperti radio dan internet yang makin global dan canggih sebagai kendaraan ampuh untuk memajukan aktivitas pendidikan jasmani dan olahraga. MAJULAH OLAHRAGA INDONESIA.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

kompasiana 26 : Kesehatan Kulit Anda Dengan Methode Urine

Kesehatan Kulit Anda Dengan Therapi Urine
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 1 September 2009 - Dibaca 1 Kali -

Kulit Anda sering alergi, gatal-gatal, muka berjerawatan, Anda tidak perlu risau.

Kini dengan methode/therapi urine/air seni (kencing) hal itu dapat di atasi dengan mudah.
Pada saat Anda bangun tidur di pagi hari, Anda harus mandi dengan urine dari ujung rambut hingga ke ujung kaki.

Selain berguna untuk mengatasi problem kulit, urine juga berguna untuk menjernihkan penglihatan mata/menyembuhkan sakit mata.

Dari pengalaman pribadi therapi urine juga menyembuhkan rasa sakit dan gatal-gatal saat terkena cacar air, serta menghilangkan bekas-bekas fleks hitam setelah sembuh dari cacar air, wajah dan permukaan kulit menjadi bersih seperti semula.

Ingat!!! Jangan sekali-kali menggaruk saat gatal-gatal pada cacar air, bisa bopeng kulit nantinya, kuku harus di potong.

Pada sebagian besar orang malah urine juga di jadikan minuman segar setiap hari untuk mengobati beberapa penyakit, hal ini terserah Anda mau di lakukan atau tidak, terpulang kepada pribadi masing-masing.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,